Senin, 27 Februari 2012

Menjadi orangtua yang baik berarti memberi kepada anak-anak kita semua cinta yang kita miliki dan semua nilai-nilai positif untuk membuat mereka menjadi orang yang bertanggung jawab, sensitif, memiliki toleransi, bisa mengekspresikan perasaan mereka, dan dapat menyelesaikan masalah. Kita tidak dapat bereaksi secara impulsif untuk  mengajarkan sesuatu kepada anak-anak kita. Itulah sebabnya 5 tips berikut ini dapat membantu untuk mengasah Parenting Skill urban Mama Papa.

  • Jadilah teladan bagi anak. Ingat dia meniru urban Mama Papa, dan belajar mengenal dunia orang dewasa melalui perilaku urban Mama Papa sendiri. Jadilah orang dewasa yang urban Mama Papa ingin anak urban Mama Papa menjadi nantinya.
  • Selalu tetap tenang. Urban Mama Papa tidak mengajarkan apa-apa jika berteriak pada anak. Jangan bereaksi impulsif di depan anak. Tahan kemarahan. Perasaan marah adalah normal. Luapkan kemarahan di ruangan lain jika perlu. Suara urban Mama Papa tetap lembut tapi dengan nada tegas. Tidak perlu berteriak.
  • Selalu jelaskan konsekuensi dari perilaku buruk anak. Jelaskan padanya apa yang boleh dan tidak boleh, lalu tanyakan apakah anak sudah mengerti. Hargai perilaku anak yang baik. Seringkali, anak-anak tetap memiliki perilaku buruk karena mereka tidak mengerti bahwa hal itu tidak boleh dilakukan. Ketika anak melakukannya, mereka dapat memilih bagaimana berperilaku dengan mengetahui apa yang akan menjadi konsekuensinya, bagaimana urban Mama Papa akan bereaksi, dan kedisiplinan apa yang diberikan. Ini adalah salah satu Parenting Skill yang paling efektif dalam jangka panjang. Mulailah terapkan dari sekarang.
  • Dorong anak untuk membangun harga dirinya. Katakan padanya dia mampu melakukan sesuatu, tetapi tunjukan bahwa melakukan kesalahan itu adalah normal. Jangan ajarkan dia untuk mencari kesempurnaan. Perhatikan apa yang dia lakukan, apa yang sulit baginya, dan perhatikan ketika dia sedang berusaha. Jangan memberikan bantuan karena kasihan. Biarkan dia mencoba.
  • Katakan dan tunjukan cinta tanpa syarat anda untuk anak Anda. Selalu ungkapkan bahwa urban Mama Papa mencintai dia tak peduli apapun. Ada beberapa perilaku anak yang tidak dapat diterima, itu sebabnya urban Mama Papa menghukum mereka, tetapi hukuman tersebut tidak pernah mengurangi cinta kita baginya. Ciumlah dan peluk anak dan katakan, “Mama cinta kamu, Mama mendukung kamu dan menyayangimu”. Ini sangat penting.
  • http://theurbanmama.com/ages/moms/3542/5-parenting-skills-yang-efektif.html

1 komentar: